Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

bertajuk.com - Halo Kawan Tajuk, pada tutorial jaringan komputer kali ini akan kami bahas mengenai

Pengertian Router dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer.


Sebelum anda membaca lebih detail tentang Router alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu tentang HUB dan SWITCH, karena hal ini sangat berhubungan erat.

Kembali ke Router, alat ini merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3. Jika anda ingat artikel kami sebelumnya bahwa Hub di OSI layer 1 dan Switch di OSI Layer 2.

Router Pada Jaringan Komputer


fungsi router pada jaringan kmputer | router wifi | router indihome

Pengertian Router


Router adalah alat atau Device perangkat komputer yang tugasnya menyampaikan paket data melewati jaringan internet hingga sampai ketujuannya. Alat ini merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, serta router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan/lebih.


Jenis-Jenis Router


Secara garis besar router terbagi kepada dua jenis. Pertama, Router Dedicated atau perangkat yang dibuat khusus untuk berperan sebagai router; Kedua, Router PC adalah komputer biasa baik itu berbasis windows, linux atau lainnya yang diprogram agar menjadi router. Sebetulnya kategori yang kedua ini tidak hanya berbentuk PC atau komputer saja, karena sekarang ini banyak perangkat lain yang fungsinya tidak dikhususkan untuk router tapi memang bisa dipakai dan berperan sebagai router jaringan. Contoh: Radio Wireless, Modem ADSL. Kita tengok Modem ADSL yang paling banyak dipakai di Indonesia yaitu dari ISP nasional Speedy. Modem speedy selain peran utamanya sebagai modem proses dial-up koneksi internet dari ADSL, juga bisa digunakan sebagai router. Dimana apabila dalam satu kantor memakai modem speedy ini maka tidak diperlukan lagi perangkat tambahan untuk dijadikan router. Namun memang perangkat yang tidak dibuat khusus untuk router memiliki kekurangan dibanding dengan perangkat khusus untuk router.

Peran Router Dalam Jaringan Komputer


Contoh kekurangan router di dalam modem Speedy tidak memiliki fitur bandwidth management. Dimana bandwidth management di dalam router sangat diperlukan apabila komputer yang ada pada jaringan tersebut banyak, dan peran router memabagi baban bandwidth untuk setiap komputer tersebut. Contoh router yang dibuat khusus oleh pabrikan adalah router Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan karena harganya yang terjangkau dan mudah untuk dikonfigurasi bila dibandingkan dengan perangkat lain misal Router Cisco. Memakai perangkat router dari Mikrotik kita jadi bisa mengatur beban bandwidth setiap client, mengatur firewall yang mana firewall dalam sebuah router sangat berperan penting untuk mengatur lalu lintas yang masuk dan lalu lintas data yang keluar.


Keunggulan Router dibanding HUB dan Switch


Yang Pertama mungkin OSI Layer yang berbeda sehingga fungsi Router tidak hanya sebagai jembatan koneksi jaringan saja, namun dengan Router kita bisa mengkoneksikan Jaringan dengan Host yang berbeda, anda bisa memanage atau mengatur bandwidth internet, mengatir virtual lan (VLAN), kecepatan disetiap port jaringan dan lain sebagainya.

Kesimpulan Tentang Router


Oleh karena itu kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian router adalah suatu alat yang memiliki peran sangat penting dalam pengaturan lalu lintas data pada sebuah jaringan komputer baik itu LAN, MAN, WAN, dan Internet.

tags:

fungsi router pada jaringan kmputer | router wifi | router indihome

Previous
Next Post »

BERTAJUK App V1.2

"Good news is good story, there is so much story that we wanna share with you". Hallo kawan Tajuk, BERTAJUK (V1.2) App telah...