Tak Hanya di Bandung, Dentuman Misterius Juga Terjadi di Langit India

| dentuman bandung | dentuman misterius | dentuman keras bandung | dentuman hari ini | dentuman di langit | dentuman di jakarta | dentuman misterius di bandung | dentuman bandung hari ini | dentuman jabodetabek
Ilustrasi Gelombang Suara/Sumber: pixabay
bertajuk.com - Mirip dentuman misterius di Bandung, India juga heboh dengar suara aneh di langit.

Suara dentuman misterius kembali menggegerkan Indonesia, kali ini terjadi di Bandung, Kamis (21/5/2020).

Sejatinya bukan kali ini saja suara dentuman misterius muncul di Indonesia. Belakangan ini suara dentuman misterius terdengar di sejumlah wilayah seperti Jabodetabek, lalu Jawa Tengah dan Jawa Barat.



Belum ada penjelasan pasti terkait sumber suara dentuman misterius. Termasuk para pakar hingga BMKG yang belum bisa memastikan sumber dan mengapa terjadi dentuman misterius yang menggegerkan masyarakat.

Kejadian serupa juga dirasakan oleh masyarakat Kota Bangalore, India. Bahkan dentuman misterius di Bandung dan suara aneh di India sama-sama terdengar saat hari masih terang.

Masyarakat India menyebut dentuman tersebut sebagai suara aneh yang memekikkan telinga. Pasalnya bunyi suara tersebut mirip ledakan sonik. Akibatnya masyarakat India panik mendengar suara aneh yang berasal dari langit.

Melansir Daily Star (20/5/2020), Suara memekakan telinga seperti ledakan sonik telah berulang kali meledak di langit Kota Bangalore.Suara mengerikan itu direkam dalam video oleh seorang warga, yang kemudian membagikannya ke media sosial twitter.



Sang pengunggah berharap dengan membagikannya, ia dapat memecahkan misteri suara itu.

Video tersebut memperlihatkan tampilan kamera yang diarahkan ke langit terdengar empat kali suara kira-kira berjarak lima detik.

Apakah asal suara aneh itu terpecahkan?

Setiap kebisingan yang muncul diikuti oleh suara gemuruh yang akan mengingatkan kita pada gempa susulan. Sayangnya belum ada penjelasan resmi untuk suara-suara yang mengganggu itu.

Menyusul kehebohan itu, polisi menghubungi Angkatan Udara setempat untuk memastikan jika ada jet tempur di daereh tersebut, lapor India Express.



Menurut polisi, suara aneh itu terdengar berulang kali selama sekitar satu jam. 

Komisaris Polisi Bangalore, Bhaskar Rio, mengatakan, "Selama satu jam terakhir orang-orang mendengar suara itu, saya telah bertanya kepada Angkatan Udara tentang pergerakan jet tempur".

Sementara itu, Pusat Bencana Alam Negara Bagian Karnataka (KSNDMC) membantah bahwa suara keras tak dikenal itu adalah gempa bumi.

"Aktivitas yang dilaporkan di Bangaliri bukan karena gempa bumi,

"Seismograf tidak menangkap getaran tanah apa pun seperti yang umumnya terjadi selama tremor ringan,"

"Kegiatan ini murni suara tidak dikenal yang keras," tulis LSNDMC melalui sebuah tweet.

Angkatan Udara India belum menanggapi kejadian tersebut

Dilansir dari Times of India, seorang mantan pilot mengklaim jika suara itu memang milik salah satu jet mereka, yang berarti kesalahan telah terjadi.

"Selama uji coba udara, profil tersebut akan mencakup pengujian untuk kecepatan supersonik," kata sumber itu kepada Times of India.

"Namun, ada parameter yang jelas tentang bagaimana melakukannya dan jika memang dari pesawat, itu mungkin terjadi karena sebuah kesalahan,".

Meski begitu, pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang menyebabkan suara tetap heboh dilontarkan. Bahkan, ratusan orang berbondong-bondok ke media sosial.

Pengguna twitter, Aman Khare, yang diyakini merupakan orang yang merekam video menuliskan cuitan.

"Apakah Anda mendengar suara menakutkan hari ini sore? Seperti gelombang tornado atau gempa bumi? Di Bangalore," tulisnya.

Seseorang berkomentar menduga bahwa suara itu bisa berupa ledakan silinder namun Khare membantahnya.

"Tidak. Jika ada ledakan silinder, akan ada suara hanya sekali dan hanya di beberapa daerah dna tidak banyak daerah!," katanya.

"Tidak mungkin dari pesawat tempur, karena beberapa orang pasti melihatnya terbang, sesuatu yang lain terjadi," renung seseorang.

Sementara yang lainnya menebak bahwa itu adalah ' UFO ', ada juga yang menduganya sebagai pesawat ruang angkasa. Lebih ekstrem lagi, ada yang mengatakannya sebagai alien.

"Saya yakin ini invasi alien. Hanya itu yang terjadi pada 2020." katanya.

Suara Aneh di Bandung

Masyarakat Kota Bandung dikagetkan dengan suara dentuman misterius yang terjadi pada Kamis (21/5/2020).

Warga penasaran mencari tahu asal muasal suara dentuman itu. Salah satu warga, Dian (27) mengaku mendengar suara dentuman cukup keras.

"Iya saya tinggal di Cibiru, dengar suara dentuman berkali-kali, rentang waktu pukul 09.00-10.00 WIB, Kamis pagi," kata Dian saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (21/5/2020) melansir Kompas.com.



Menurutnya, dentuman itu terdengar seperti suara meriam. Dian pun penasaran dengan asal suara dentuman misterius itu.

"Intensitasnya tinggi dan lumayan keras mirip suara meriam tapi asalnya dari langit," ujarnya.

Dian mendengar dentuman itu berkali-kali.

"Dalam 10 menit mungkin ada lima kali," kata dia.

Bahi (29), warga Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, juga mendengar suara dentuman. Tapi, Bahi mendengar dentuman itu pada Rabu (20/5/2020) sekitar pukul 11.30 WIB.

"Saat itu kebetulan saya keluar ambil air minum, lalu mendengar dentuman, itu sekitar pukul 11.30 WIB," kata Bahi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dentuman itu juga terdengar di wilayah Dago, Cibiru, dan Kopo.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung Toni Agus Wijaya menjelaskan, suara dentuman itu tak berasal dari petir dan gempa.

"Dari rekaman seismograf di sekitar Bandung, tidak ada kejadian gempa bumi," kata Agus saat dihubungi, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, cuaca di wilayah Bandung Raya juga cerah berawan pada pukul 10.00 WIB.

"Berdasarkan citra radar cuaca pada pukul 09:32 wib, secara umum cuaca di wilayah kota Bandung dan sekitarnya cerah tidak ada hujan," kata Agus.

Agus mengatakan, cuaca cerah membuat tak ada petir yang terjadi di wilayah Bandung. Berdasarkan data pengamatan petir, terdapat satu kilat pada pukul 08.30-09.30 WIB. Tapi, kilat itu terjadi di sekitar wilayah Yogyakarta.

"Dari data Lightning Detector, pengamatan petir, pukul 8.30-9.30 WIB, terdapat 1 strikes/kilat, pada jarak 250 Km arah tenggara Lembang (di sekitar Yogyakarta), sangat jauh dari Bandung, dan tidak berdampak ke Wilayah Bandung," katanya.

Agus menambahkan, perlu analisis mendalam untuk mencari asal suara dentuman tersebut. Sebab, suara dentuman berasal dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir.

Sebelumnya, suara dentuman beberapa kali terdengar di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Dentuman itu terdengar sekitar pukul 09.30 WIB. Tagar dentuman pun sontak ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Mirip Dentuman Misterius di Bandung, India Juga Heboh Dengar Suara Aneh di Langit, Warga Panik
Penulis: Cornel Dimas Satrio
Editor: Rafan Arif Dwinanto


Related Search: dentuman | dentuman bandung | dentuman misterius | dentuman keras bandung | dentuman hari ini | dentuman di langit | dentuman di jakarta | dentuman misterius di bandung | dentuman bandung hari ini | dentuman jabodetabek

Newest
Previous
Next Post »