Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, Rokok dan Sampah

bertajuk.com - Hallo Kawan Tajuk yang masih pelajar. Kembali lagi Bertajuk Tiips and Trick, kali ini Bertajuk akan membahas mengenai

pengertian, ciri-ciri dan contoh paragaraf argumentasi tentang lingkungan, kesehatan, pendidikan, rokok, dan sampah.

Paragraf argumentasi adalah salah satu jenis paragraf yang sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti di dalam esai, tajuk atau wacana, dan teks-teks diskusi lainnya. 
paragraf argumentasi | paragraf argumentasi adalah | paragraf argumentasi | contoh paragraf argumentasi brainly | contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan | contoh paragraf argumentasi tentang kesehatan | contoh paragraf argumentasi tentang sampah | contoh paragraf argumentasi tentang rokok | struktur paragraf argumentasi |

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, paragraf ini harus disertai dengan fakta-fakta aktual seperti data, hasil research,teori ahli, contoh, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat Anda tidaklah sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran Anda.

Perbedaan Paragraf Argumentasi dan Eksposisi

Sering sekali banyak orang salah paham antara paragraf argumentasi dan paragraf eksposisi. Memang, kedua paragraf ini memiliki kesamaan, yaitu memiliki data-data actual di dalamnya. Namun, paragraf eksposisi menggunakan data-data tersebut hanya untuk menjelaskan. Sedangkan pada argumentasi, data-data tersebut digunakan untuk membuktikan bahwa pendapat kita tersebut adalah benar.  

Lain halnya dengan paragraf argumentasi yang mengharapkan pembaca mempercayai apa yang disampaikan di dalam paragraf, sehingga pada bagian akhir paragraf tidak jarang kita menemukan satu kesimpulan utuh dari hal-hal yang telah dijabarkan sebelumnya.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Berdasarkan pengertian di atas, suatu paragraf dapat dikatakan paragraf argumentasi jika memiliki ciri-ciri berikut ini.
  • Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  • Memiliki data-data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  • Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama. 

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Pemanasan Global

Pemanasan global menjadi isu hangat hampir di seluruh belahan dunia. Setiap negara sedang berusaha mencari solusi alternatif untuk dapat mengurangi peningkatan pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena beberapa faktor kesalahan dari manusia itu sendiri.

Efek rumah kaca mempunyai peran yang besar dalam terjadinya pemanasan global. Fenomena ini merupakan istilah untuk proses atmosfer menghangatkan planet. Panas yang terkumpul dari bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer. Hal ini mengakibatkan panas tersebut dipantulkan kembali ke permukaan bumi, bukan diteruskan ke luar angkasa. Efek rumah kaca yang berlebihan akan mengganggu iklim.

Faktor terbesar lainnya adalah polusi kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor sebagian besar berbahan bakar bensin. Hal ini mengakibatkan adanya gas pembuangan berupa gas karbondioksida yang berlebihan. Gas ini sangat berperan dalam terperangkapnya panas yang seharunya keluar angkasa. Semakin banyak gas karbondioksida yang ada di bumi maka pemanasan global akan semakin mengancam.

Pemanasan global juga terjadi karena salah satu kesalahan gaya hidup, yaitu boros listrik. Penghematan energi listrik bukan hanya ditujukan untuk menghemat biaya, akan tetapi juga untuk mencegah pemanasan global. Kaitan antara listrik dan pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil untuk menghidupkan listrik. Batu bara menjadi sumber listrik terbanyak di dunia. Akan tetapi debu dan polusi yang ditimbulkan oleh batu bara ini sangatlah besar. Hal ini karena hanya sepertiga dari batu bara yang digunakan saja yang dapat menghasilkan energi.

Pengurangan pemanasan global haruslah menjadi tanggung jawab bersama seluruh penduduk bumi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika setiap orang di bumi memikirkan dan mengaplikasikan solusi alternatif dalam mengurangi pemanasan global.


Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia. Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga bebeapa tahun. 

Menurut dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Semakin lama asap yang mereka hirup akan semakin mempercepat proses itu. 

Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? Di dalam sebuah batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda. 


Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Pendidikan Karakter

Pendidkan adalah sarana untuk membuat manusia menjadi lebih beradab dan berilmu. Tanpa pendidkan kita semua tidak lain dan tidak bukan hanyalah sekumpulan binatang. Dengan pendidikan, kita bisa menjadi seperti apa yang kita inginkan dan dengan pendidikan kita juga bisa pergi kemanapun kita mau. Oleh sebab itu, pendidikan sangatlah penting untuk diberikan kepada seluruh umat manusia. Namun, ada satu yang tak kalah penting dengan pendidikan, yaitu pendidikan karakter.

Sama halnya dengan pendidikan-pendidikan lain yang tujuan utamannya untuk mengajarkan. Pendidikan karakter mengajarkan karakter atau nilai-nilai moral yang baik kepada manusia. Mengapa pendidikan karakter ini perlu dilakukan? Pada dasarnya ilmu tanpa moral atau karakter akan menciptakan individu-individu yang berbahaya dan bejat, seperti koruptor, dictator, dan lain-lain.

Dengan pendidikan karakter, maka akan mencegah timbulnya orang-orang seperti itu. Karena biasanya orang-orang dengan karakter baik akan berperilaku baik pula. Coba bayangkan orang yang berilmu dan memiliki karakter yang baik, pastilah akan menjadi individu yang baik dan berguna bagi orang lain.

Pendidikan karakter mengajarkan kita tentang moral-moral atau nilai yang baik sebagai manusia, seperti tanggung jawab, taat kepada Tuhan, jujur, percaya diri, dan masih banyak lagi. Dengan memasukan nilai-nilai tersebut kepada seluruh individu pastilah akan terbentuk individu-individu dengan karakter yang kuat dan berilmu. Itulah mengapa pendidikan karakter tidak kalah penting dengan pendidikan-pendidikan lainnya.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sampah

Pengelolaan Sampah

Pengelolaan sampah mesti dilakukan dengan baik. Sebab, jika tidak, sampah akan menimbulkan penyakit, merusak pemandangan, dan dampak negatif lainnya. Hal ini sesuai dengan yang diujarkan Bahar. Menurut penuturannya, sampah merupakan bahan padat yang menyebabkan kerusakan nilai estetika lingkungan, pembawa penyakit, polusi, dan dampak negatif lainnya. 

Mendaur ulang sampah–baik organik maupun anorganik–menjadi solusi yang dapat digunakan untuk mengelola sampah-sampah yang ada. Sampah-sampah tersebut bisa didaur ulang menjadi pupuk, kerajinan tangan, hingga pembangkit listrik. Oleh karena itu, mengelola sampah dengan cara daur ulang mesti dilakukan secara optimal. Hal itu dilakukan agar sampah tidak memberikan dampak buruk, baik bagi manusia maupun lingkungan.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, Rokok dan Sampah. Semoga Bermanfaat.

Related Search:

paragraf argumentasi | paragraf argumentasi adalah | paragraf argumentasi | contoh paragraf argumentasi brainly | contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan | contoh paragraf argumentasi tentang kesehatan | contoh paragraf argumentasi tentang sampah | contoh paragraf argumentasi tentang rokok | struktur paragraf argumentasi | 

Previous
Next Post »