4 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama

puasa 2019, puasa tanggal berapa, puasa rajab, puasa daud, waktu puasa, waktu puasa 2019, waktu puasa tercepat, waktu puasa terlama, waktu puasa rajab, waktu puasa daud, waktu puasa sya'ban, waktu puasa senin kamis, waktu puasa sunnah, waktu puasa ramadan,

Ilustrasi Puasa Ramadan: Shutterstock

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang mewajibkan umat muslim untuk berpuasa satu bulan penuh. Selama menjalani puasa, kita dituntut untuk dapat menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu mulai dari waktu imsak hingga azan Magrib berkumandang.

Indonesia memiliki waktu berpuasa sekitar 13,5 jam, waktu yang mungkin bisa dibilang cukup panjang bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tetapi, ada beberapa negara yang memiliki waktu berpuasa lebih panjang dibandingkan Indonesia. Bahkan ada negara yang waktu puasanya hampir 20 jam, kira-kira kuat tidak ya kalau kita berpuasa disana ?. Berikut ini akan dibahas empat negara yang memiliki waktu berpuasa paling lama.

1. United Kingdom

Sebagai salah satu negara dengan minoritas muslim, United Kingdom memiliki waktu berpuasa yang cukup lama. Masyarakat muslim disana mulai berpuasa sejak pukul  2.30 dan baru berbuka pada pukul 21.30. Hal ini dapat terjadi karena United Kingdom memiliki waktu siang sekitar 18 jam 30 menit.

2. Swedia

Umat Muslim di Swedia ternyata hanya berjumlah 5% dari total populasi masyarakat Swedia. Menjadi Muslim di Swedia ternyata memiliki tantangan tersendiri ketika menjalani ibadah puasa. Hal ini dikarenakan mereka harus menjalankan puasa hampir 20 jam di Negaranya.

3. Greenland

Sebagai sebuah negara yang berada di Samudra Atlantik, Greenland memiliki waktu puasa yang terhitung lama. Ketika melaksanakan puasa di Greenland, kita harus dapat menahan lapar dan haus selama kurang lebih 21 jam. Oleh karena itu, kita hanya memiliki waktu 3 jam dari waktu kita berbuka dan sahur.

4. Finlandia

Laplandia sebagai salah satu Kawasan di Finlandia memiliki waktu berpuasa terlama di dunia. Pasalnya selain makan dan minum secukupnya, kawan Tajuk harus juga menyiapkan mental loh untuk berpuasa disana. Hal ini dikarenakan matahari hanya terbenam selama 55 menit saja.  Pendeknya waktu terbenam tersebut membuat mereka harus berpuasa selama 23 jam 5 menit, atau hampir 24 jam loh.

Dikutip dari Gulf News, di negara-negara yang memiliki rentang waktu antara matahari tenggelam dan matahari terbit (waktu malam) terlalu singkat, yaitu kurang dari 3 jam ataupun waktunya sulit dibedakan, ada fatwa yang mengatur tentang hal tersebut. Umat Islam diizinkan untuk mengikuti waktu puasa dari kota atau wilayah terdekat yang memiliki pembagian waktu yang jelas antara siang dan malam.

Bagaimana kawan Tajuk, masih merasa puasa di Indonesia terbilang lama ?

Beruntung kita hanya berpuasa sekitar 14 jam saja. Kalau kawan tajuk berada di salah satu negara yang telah disebutkan tadi, kuat nggak ya untuk menjalani puasa ?

puasa 2019, puasa tanggal berapa, puasa rajab, puasa daud, waktu puasa, waktu puasa 2019, waktu puasa tercepat, waktu puasa terlama, waktu puasa rajab, waktu puasa daud, waktu puasa sya'ban, waktu puasa senin kamis, waktu puasa sunnah, waktu puasa ramadan, 

Previous
Next Post »