Di Masjid ini, Kehilangan Sandal Hingga Sepeda Motor Bisa Diganti


Foto: Instagram Masjid Jogokariyan

bertajuk.com -- Kehilangan barang saat beribadah di masjid terkadang menjadi hal yang masih dikhawatirkan. Terlebih lagi banyak kasus pencurian yang masih menjadikan tempat ibadah sebagai sasaran kejahatan. Namun, jangan khawatir di masjid ini segala bentuk kehilangan akan diganti. Masjid ini bernama Masjid Jogokariyan, Yogyakarta.

Pengurus masjid bersepakat, apapun barang yang hilang saat Jemaah sedang melakukan ibadah di masjid tersebut akan diganti. Barang yang hilang tersebut akan diganti dengan barang atau uang yang nilainya setara. Entah itu berupa sandal, sepatu, sepeda bahkan sepeda motor, seluruhnya akan diganti oleh pengurus masjid.

Dilansir dari tempo.co, pengurus masjid Jogokariyan mengungkapkan bahwa kebijakan mengganti barang Jemaah yang hilang itu sudah berlangsung sejak tahun 1999. Dirinya mengatakan bahwa pada mulanya kebijakan tersebut ada ketika takmir masjid Jogokariyan masih dipegang sesepuh masjid tersebut yang bernama Yazir, pada saat itu ada Jemaah yang mengaku kehilangan sandalnya saat beribadah. Lantas, Jazir berinisiatif untuk mengganti sandal jamaah tersebut menggunakan uang pribadinya. Dirinya tidak mengambil dana penggantian dari dana kas masjid, sebab pada saat itu dana masjid belum banyak.

Kejadian kehilangan sandal tersebut terjadi berulang kali hinggal memasuki tahun 2000an masjid ini kian ramai jamaahnya sehingga infaq yang masuk pun lebih banyak untuk dikelola. Sejak saat itu, kehilangan barang di masjid ini tidak lagi diganti menggunakan dana pribadi melainkan menggunakan kas masjid. Pengurus masjid menceritakan bahwa sempat ada yang kehilangan sepeda seharga 1,5 juta, tetapi sang pemilik enggan untuk diganti.

Tujuan dari kebijakan ini dibuat demi menumbuhkan rasa tenang saat beribadah. Uniknya lagi, setelah kebijakan ini diberlakukan, jumlah kehilangan barang yang dilaporkan jamaah kian berkurang. Meskipun masih ada satu dua kehilangan yang terjadi, tetapi pihak masjid tetap bersedia mengganti. Selain itu, pihak masjid juga memasang sejumlah kamera pengawas diberbagai titik baik dalam masjid maupun area luar masjid.

masjid, masjid terdekat, masjid raya bandung, masjid salman itb, masjidil haram, masjid nabawi, masjid al jabar, masjid istiqomah, masjid jogokariyan, masjid istiqlal, yogyakarta, yogyakarta wisata

Previous
Next Post »