Sebelum Menikah Harus Divaksin ? Yuk Intip Apa Keutamaannya..


Persiapan pernikahan identik dengan menyiapkan segala hal yang umumnya terlihat penting, seperti gaun pernikahan, catering, sewa gedung, dekorasi, dan lain sebagainya. Namun, banyak dari pasangan yang akan melangsungkan pernikahan lupa akan pentingnya pemeriksaan kesehatan pranikah. Bagi Anda yang akan menikah hendaknya tidak melupakan hal ini, termasuk menyempatkan diri untuk melakukan beberapa imunisasi yang sama pentingnya untuk dilakukan.

Membahas mengenai imunisasi tersebut, dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menyarankan Anda untuk melakukan imunisasi. Vaksin yang diberikan dalam imunisasi berfungsi sebagai pelindung tubuh kita dari beberapa ancaman penyakit. Berikut dipaparkan beberapa imunisasi yang disarankan untuk dilakukan sebelum pernikahan.

1.      Tetanus Toxoid (TT)

Imunisasi jenis ini menjadi imunisasi yang diwajibkan pemerintah sebelum Anda melangsungkan pernikahan. Imunisasi TT berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dari penyakit tetanus. Penyakit tetanus sendiri harus dicegah guna melindungi Ibu dan calon bayi dalam kandungan nantinya. Waktu yang tepat pemberian vaksin ini 2-6 bulan atau selambat-lambatnya 1 bulan sebelum menikah.
Penyakit tetanus umum terjadi di negara berkembang, dapat terjadi pada bayi yang lahir dengan kondisi persalinan tidak higienis atau ibunya tidak mendapat vaksinasi tetanus. Penyakit ini disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium Tetani. Bakteri ini ditemukan hampir di semua jenis tanah, terutama yang mengandung pupuk kandang. Bakteri dari tetanus juga berkembang pada debu di dalam rumah, kotoran manusia, dan hewan serta besi berkarat. Bakteri tersebut masuk ke tubuh melalui luka terbuka.

2.      MMR (Mumps, Measles, Rubella)

Imunisasi MMR berkaitan dengan kesehatan reproduksi pasangan yang akan menikah dan masa depan anak yang akan dilahirkan nantinya. Vaksin ini merupakan pertahanan bagi penyakit gondongan atau juga campak. Penyakit campak sendiri berbahaya bila terjadi pada Ibu hamil, dimana anak yang dilahirkan nantinya dalam kondisi congital rubella syndrome, yang mana terdapat gejala fisik akibat infeksi rubella. Infeksi tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran, gangguan otak, gangguan jantung dan pembuluh darah.

3.      Vaksin HPV (Human Papiloma Virus)

Vaksin jenis ini berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit kanker serviks, umumnya dapat terjadi pada siapapun baik pria atau wanita yang sudah melakukan hubungan seksual secara aktif. Sebenarnya, penangkalan kanker serviks dapat dicegah sejak usia 9-45 tahun dan bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki dokter kandungan. 



4.      Vaksin Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B berfungsi sebagai penangkal penyakit kuning, radang liver atau kanker hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang liver. Hepatitis B sering juga disebut sebagai penyakit silent killer. Hepatitis B jika tidak tepat dan cepat ditangani bisa menyebabkan kematian. Setiap satu menit, satu orang di seluruh dunia meninggal karena terinfeksi Hepatitis B. Virus ini menular melalui tranfusi darah, hubungan seksual dan penggunaan barang pribadi Bersama. Imunisasi ini dilakukan tiga kali dengan jarak satu dan enam bulan.

5.      Vaksin VZC ( Varicela Zoster Virus)

VZV merupakan virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Virus ini sangat berbahaya bila menyerang ibu hamil. Akibat virus ini, ibu hamil akan mengalami jaringan parut pada kulit, dan kelainan lainnya yang dapat menyebabkan risiko komplikasi pada ibu hamil dan bayinya. Vaksin ini tidak bisa diberikan saat hamil, maka dari itu untuk menghindari virus tersebut baksin disarankan diberikan pada saat sebelum menikah.

Beberapa vaksin diatas sangat dianjurkan dilakukan oleh pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Memang terlihat rumit dan terkesan membutuhkan dana yang relatif banyak, namun jika jaminannya adalah kesehatan jangan takut untuk berinvestasi. Jadi jangan hanya sibuk menyiapkan pernikahan pada saat hari pelaksanaannya saja, yuk pikirkan juga pentingnya kesehatan pasangan dan calon buah hati.

Tags and Related Search: persiapan menikah dalam islam | daftar persiapan pernikahan | persiapan pernikahan bagi wanita | tahapan persiapan pernikahan | persiapan pernikahan dalam satu bulan | persiapan pernikahan blog | persiapan pernikahan sederhana | persiapan pernikahan di rumah

Previous
Next Post »