Mengenal Lebih Jauh Negara Vanuatu

"Mengenal Lebih Jauh Negara Vanuatu."

Vanuatu baru saja menjalani pertandingan persahabatan melawan timnas sepakbola Indonesia, harus menelan kekalahan 0-6 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu malam (15/6).  Bertajuk.com mencoba merangkum beberapa fakta menarik tentang Republik Vanuatu.

Republik Vanuatu berdiri di tahun 1980

Negara Vanuatu yang berbentuk Republik baru berdiri di tahun 1980. Vanuatu terbentuk setelah munculnya gerakaan kemerdekaan pada tahun 1970

Jauh sebelum gerakaan kemerdekaan  tersebut muncul, Vanuatu pada awalnya dikuasi oleh Spanyol dan Portugal yang masih bersatu dibawah pimpinan raja Spanyol. Tepatnya pada tahun 1606, Fernandes de Queiros dari portugis beserta armadanya dari spanyol menjadi orang Eropa pertama yang mengunjungi Vanuatu. Pada saat itu, Queiros mengklaim Vanuatu sebagi bagian dari Hindia Timur Spanyol, dan memberi nama La Austrialia del Espiritu Santo.

Setelah Portugal dan Spanyol berhasil menduduki Vanuatu, di tahun 1880 Vanuatu berhasil direbut oleh Perancis dan Britania Raya. Dibawah kekuasaan Perancis dan Britania Raya, Vanuatu berganti nama menjadi Hebrides Baru. Hal ini dilakukan setelah kedua negara setuju untuk membentuk pemerintahan bersama di Vanuatu pada tahun 1906.

Saat ini Vanuatu telah menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, persamkumran inggris, Francophonie, dan Forum kepulauan Pasifik.

Destinasi Bulan Madu Dan Wisata Alam

sumber foto: Agoda
Vanuatu memiliki daya tarik wisata alam yang cukup indah. Setiap tahunnya tidak kurang 67 ribu turis datang ke Vanuatu untuk berbulan madu atau menikmati wisata alam. Beberapa tempat yang menjadi destinasi andalan Vanuatu ialah gunung Yasur. Gunung Yasur berada di Pulau Tanna, Vanuatu. Gunung Yasur memiliki ketinggian 361 meter, dan merupakan gunung berapi yang masih aktif sampat saat ini. Para turis dapat menikmati pemandangan gunung Yasur baik pagi atau malam hari. Jika datang di waktu yang tepat, turis dapat mendengar bunyi gemuruh dari perut gunung Yasur.

Selain gunung Yasur, tempat yang sering dikunjungi oleh turis ialah wisata air, tepatnya di Mele Cascades. Mele Cascades terletak di Port Vila, Vanuatu. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati indahnya air terjun yang mengalir dengan nuansa hutan yang sangat asri. Selain menikmati keindahan air terjun, turis dapat memanjat air terjun yang ada di Mele Cascades untuk menikmati panorama keindahan sekitar. Turis juga dapat melakukan kegiatan menyelam sebagai bonus yand didapatkan ketika berkunjung ke Mele Cascades.


Mata Uang Vanuatu

sumber foto: theibns

Republik Vanuatu memiliki mata uang sendiri yang disebut Vatu. Vatu sebagai mata uang memiliki simbol VT. Mata uang ini hadir satu tahun setelah Republik Vanuatu berdiri, tepatnya pada tahun 1981. Hadirnya Vatu ini bertujuan untuk menggantikan mata uang sebelumnya, franc Hebrides Baru. Bank Sentral Vanuatu mengintroduksikan mata uang pada 22 maret 1982. Mata uang Republik Vanuatu terbilang cukup rendah untuk Rupiah. Jika dikonversikan, 1 Vatu Vanuatu bernilai 126.13 Rupiah.

Dibalik Keindahan Vanuatu, Vanuatu Rawan Bencana

sumber foto: tirto
Dibalik keindahan alam yang ditawarkan, Vanuatu  merupakan salah satu negara yang cukup rawan bencana. Letak geografis Vanuatu yang berada di jalur ring of fire membuat daerah di Vanuatu sering terkena gempa. Intensitas gempa yang terjadi di Vanuatu bisa dikatakan cukup sering. Dalam seminggu, Vanuatu bisa dilanda gempa sebanyak empat kali. Bahkan tidak jarang gempa di Vanuatu
bisa terjadi tiga kali sehari. Gempa yang terjadi di Vanuatu memiliki skala yang cukup tinggi, yaitu berkisar 4-7.5 skala richter.

Vanuatu yang rentan terkena gempa juga berdampak rawan terkena Tsunami. Gempa yang terjadi di Vanuatu selalu berindikasi memunculkan Tsunami. Selain itu, Vanuatu yang ada di dalam wilayah pasifik membuat Vanuatu akan selalu dilewati oleh Tsunami.

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika Vanuatu berada di jalur ring of fire, membuat Vanuatu memiliki begitu banyak gunung berapi yang masih aktif. Dengan luas wilayah Vanuatu yang hanya 12.189 kilometer, Vanuatu memiliki 25 gunung berapi. Jumlah ini terbilang banyak untuk Negara dengan luas wilayah yang tidak besar.

Hampir seluruh gunung berapi di Vanuatu berstatus aktif, beberapa dari gunung tersebut saat ini tengah bergejolak, dan dapat meletus kapan saja. Salah satu gunung yang aktif tersebut itu ialah Ambrym. Ambrym pernah meletus sebelumnya, namun gunung ini tetap aktif dan beberapa kali erupsi sampai hari ini.

Tags:
vanuatu | vanuatu fifa ranking | vanuatu football | vanuatu peringkat fifa | vanuatu wikipedia | vanuatu negara mana | vanuatu papua | vanuatu vs indonesia | vanuatu adalah negara | vanuatu dimana

Previous
Next Post »