Anak Sulit Diajak Bersekolah? Simak dan Lakukan Tips Ini

tips agar anak mau bersekolah

Tips Agar Anak Mau Bersekolah


Bertajuk.com - Musim sekolah akan segera tiba. Setelah libur panjang, anak-anak akan mulai kembali ke sekolah untuk melaksanakan kewajibannya. Mungkin, bagi anak yang sudah lebih dulu bersekolah tidak terlalu sulit untuk memulai aktivitasnya lagi, nah bagaimana jika anak yang baru dikenalkan sekolah mau untuk berangkat sekolah? Hal ini tentunya menjadi PR bagi orang tua untuk meyakinkan anak jika sekolah itu menyenangkan. Dilansir dari laman sayangianak.com, kami akan merangkum tips untuk orang tua bagaimana caranya membujuk anak agar mau ke sekolah. Simak baik-baik ya.

1. Ceritakan gambaran yang menyenangkan mengenai sekolah yang akan menjadi tempat anak belajar

Ceritakan pada anak jika sekolah itu akan membuat anak mengenal hal-hal baru. Beri pemahaman, bahwa dengan sekolah anak akan mempunyai banyak teman, bertemu dengan guru yang bisa mengajari banyak hal dan sekolah tidak melulu duduk di kelas mendengarkan ceramah yang menjemukan.

2. Kenalkan sekolah sejak dini

Mengenalkan sekolah sejak dini pada anak akan membangun diri anak untuk mempersiapkan dirinya mengenyam pendidikan formal tersebut. Ajak anak diskusi untuk menentukan sekolah mana yang akan dijadikan tempatnya menuntut ilmu. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman karena sekolah tersebut merupakan pilihannya.

3. Lakukan permainan ilustrasi bersekolah dengan anak di rumah

Anak mudah untuk memahami hal-hal baru yang dikenalnya. Maka, ajaklah anak bermain peran yang menggambarkan keadaan di sekolah. Buat permainan tersebut menyenangkan, anda berperan sebagai guru dan anak sebagai siswa. Berilah perintah sederhana pada anak dan bimbing mereka untuk melakukannya. Dengan simulasi sederhana ini, anak akan mengadaptasi apa yang harus dilakukan di sekolahnya kelak.

4. Beri anak pemahaman mengenai konsekuensi bersekolah

Mengenalkan anak pada lingkungan sekolah tentunya memberikan perubahan yang besar bagi kehidupan anak. Maka dari itu, anak perlu untuk diberikan informasi secara mendalam mengenai konsekuensi yang harus diterimanya ketika dia masuk sekolah. Secara perlahan, beri tahukan bahwa dengan sekolah anak harus terbiasa bangun pagi, mandi dengan cepat dan beritahukan kapan waktu berangkat sekolah agar tidak terlambat. Selain itu, waktu bermain anak akan mulai berkurang, dari hal ini anak akan mulai belajar mengenai tanggung jawab.

5. Ajaklah anak bersosialisasi untuk memupuk rasa percaya diri

Sebagai orang tua jangan mengabaikan tingkat komunikasi dengan anak. Ajak anak berdiskusi, biarkan anak bertanya ketika ada hal yang tidak dimengerti, ajari anak cara bertanya dengan baik dan menggunakan bahasa indonesia yang baik. Jika hal tersebut dibiasakan sebelumnya, anak akan lebih berani untuk mengemukakan pendapatnya di sekolah baik pada guru ataupun pada teman-teman sebayanya.

Lima poin di atas merupakan tips yang harus dicoba oleh para orang tua yang mengalami kesulitan mengajak anaknya ke sekolah. Jika orang tua mau membuka komunikasi dengan anak, anak akan lebih mengerti mengenai peran dan kewajibannya. Jadi, kunci dari hal ini adalah komunikasi dan kesabaran dari orang tua. Selamat mencoba ya kawan tajuk yang sudah mejadi Ayah Bunda!!

Related Search: tips agar anak mau sekolah tk, paud, sd, sendiri, cara menghadapi anak tidak mau sekolah



Previous
Next Post »