5 Contoh Paragraf Persuasi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Iklan dan Narkoba Terbaru 2019

5 Contoh Paragraf Persuasi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Iklan dan Narkoba Terbaru 2019

bertajuk.com - Paragraf persuasi merupakan salah satu diantara jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, selain paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, dan paragraf narasi. Paragraf ini sendiri merupakan paragraf yang isinya berupa ajakan atau bujukan untuk melakukan suatu hal. Ajakan atau bujukan tersebut bisa disampaikan dengan cara mepropaganda pembaca, membujuk secara halus, atau bisa juga dengan cara mengedukasi pembaca dengan sejumlah fakta yang ada. Paragraf persuasi bisa ditulis dengan tema apa saja. 
Diartikel kali ini bertajuk.com akan membagikan 5 contoh paragraf persuasi singkat tentang pendidikan, lingkungan, kesehatan, iklan, dan narkoba terbaru 2019.

5 Contoh Paragraf Persuasi

contoh paragraf persuasi singkat tentang pendidikan, lingkungan, kesehatan, iklan, dan narkoba

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Pendidikan

Masih banyak orang tua murid dan guru yang tidak sabar dalam mendidik para peserta didiknya. Padahal, dibutuhkan proses dan kesabaran untuk mendidik sang anak. Hal itu sejalan dengan definisi pendidikan menurt Plato. Menurut salah satu filsuf legendaris Yunani ini, pendidikan merupakan suatu proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, semenjak manusia masih kecil hingga dewasa. Berangkat dari pernyataan tersebut, kita selaku orang tua murid dan guru mesti bisa mendidik anak-anak atau murid kita secara sabar dan berorientasi proses, agar anak-anak atau murid dapat bertumbuh dan berkembang dengan sewajarnya. Dengan begitu, potensi terbaik yang dimiliki anak-anak atau murid kita dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dan alami.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan


Tinggal di kota yang padat seperti di Jakarta setiap setiap individu sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu cara yang paling mudah dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Seperti halnya saat musim penghujan diberbagai pintu air yang ada di Jakarta dipenuhi dengan tumpukan sampah yang tidak enak dipandang. Hal ini sering mengakibatkan air meluap dan banjir di daerah pemukiman. Sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat aliran air pada selokan. Ketika hujan tiba akan menyebabkan banjir karena air tidak dapat mengalir pada selokan. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Kesehatan


Jalan kaki adalah bagian dari membiasakan hidup sehat tanpa melakukan olahraga yang berat, tetapi masih banyak orang yang meragukan manfaat dari jalan kaki di kehidupan sehari-hari. Padahal bagi sebagian orang jalan kaki menjadi kebiasaan atau rutinitas tertentu, misalnya jalan dari rumah ke depan komplek, atau jalan dari rumah ke sekolah, ke tempat kerja, ke kampus, ke warung, dan sebagainya. Olahraga yang ringan ini memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh kita, bahkan menurut salah satu penelitian berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 40%.

Hal ini disebabkan dengan berjalan kaki maka detak jantung kita akan lebih cepat berdetak lebih kencang dari biasanya sehingga jantung pun menjadi lebih kuat dan sirkulasi darah bisa meningkat dengan baik. Bukan hanya itu, ternyata berjalan kaki dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena berjalan kaki menuntut orang untuk bergerak secara konstan yang mengakibatkan jumlah lemak dan kolesterol pun berkurang. Maka, biasakanlah kegiatan berjalan kaki ini setiap hari minimal selama 30 menit agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Iklan


Apakah anda ingin hidup sehat? Jauh dari penyakit?
Madu solusinya! Madu sudah ratusan tahun bahkan jutaan tahun sudah dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit dan menyehatkan tubuh.
Minumlah satu sendok makan untuk anak-anak dan dua sendok makan untuk orang dewasa setiap harinya, dijamin tubuh anda bakalan sehat.
Kini telah tersedia produsen madu asli, tanpa campuran apa pun. Harga sangat murah, bisa dijangkau oleh setiap kalangan.
Dapatkan madu asli ini di tokoherbal terdekat anda.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Narkoba dan Miras


Narkoba dan minuman – minuman keras adalah dua hal yang sangat berbahaya di muka bumi ini. Mereka bisa membuat masa depan kita semua hancur. Narkoba dan minuman keras akan menjerat kita dengan menawarkan kesenangan sementara. Tetapi, jangan tertipu olehnya karena itu semua adalah tipu daya yang sangat berbahaya. Mereka sebenarnya membuat kita kecanduan bahkan sakau. Apabila kita telah menjadi ketergantungan dengan kedua jenis barang ini, maka jangan harap untuk keluar darinya. Akibatnya, masa depan akan menjadi hancur bahkan akan merenggut nyawa kita. Oleh karena itu, jauhilah kedua benda ini dan jangan sekali – kali menyentuh apalagi memakainya. 

Demikianlah contoh paragraf persuasi singkat tentang pendidikan, lingkungan, kesehatan, iklan, dan narkoba yang bertajuk.com bisa sampaikan, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
June 23, 2021 at 8:58 PM ×

ALLAH SWT

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

BERTAJUK App V1.2

"Good news is good story, there is so much story that we wanna share with you". Hallo kawan Tajuk, BERTAJUK (V1.2) App telah...