Tips Agar Terhindar dari Insomnia


bertajuk.com - Gangguan tidur atau yang sering kita sebut insomnia bisa membuat kita merasa terganggu. Insomnia juga dapat mempengaruhi kinerja sistem tubuh bila hal tersebut terus terjadi. Tidak hanya dapat merusak energi, tetapi juga insomnia dapat memengaruhi kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup kamu. Hal ini bisa menyebabkan kondisi penderita tidak fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Jika kamu salah satu penderita insomnia, alangkah baiknya mulai benahi kualitas istirahatmu. Dilansir dari detikhealth, bertajuk.com akan menyajikan tips bagaimana cara agar terhindar dari insomnia.


1. Perbaiki Kualitas Tidur: Usahakan agar tidurmu tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Cara agar tidurmu lebih berkualitas adalah dengan olahraga setiap hari. Kamu juga dianjurkan untuk tidak memaksakan tidur namun mulailah mempertahankan jadwal tidur yang teratur. Bagi penikmat kafein, hindarilah kafein di malam hari, hindari merokok, dan memastikan lingkungan tidur yang nyaman. Hal tersebut bisa mencegah insomnia pada penderitanya.


2. Teknik relaksasi: Teknik ini adalah cara untuk pencegahan insomnia yang paling manjur. Cara yang bisa kamu tempuh yaitu meditasi dan relaksasi pada otot-otot.

3. Kontrol stimulasi: Kontrol dirimu untuk menciprakan tidur yang berkualitas. Caranya bisa dengan segera tidur ketika mengantuk. Hindari menonton TV dan memainkan gadget terlalu lama. Set alarm diponselmu untuk waktu yang sama setiap pagi (bahkan akhir pekan).

4. Batasi tidur: Membatasi tidur yang berlebihan. Dengan banyak tidur pada siang hari akan membuat kamu sulit tertidur pada malam hari. Maka dari itu, batasi jam tidur siangmu, isi dengan kegiatan fisik agar ketika malam hari tubuhmu bisa beristirahat dengan cepat.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mencegah insomnia. Jika kamu tergolong insomnia akut (sama sekali sulit tidur) kamu dapat mengonsultasikannya pada dokter. Dokter akan memberikan treatment sesuai dengan gejala yang kamu keluhkan.
Previous
Next Post »